Apple CarPlay, Platform Standar Penyatu iPhone dengan Mobil

Apple CarPlay, Platform Standar Penyatu iPhone dengan Mobil

Apple baru saja mengumumkan kehadiran fitur CarPlay, sistem kendali terbaru untuk hiburan dan informasi di mobil Anda. Sebenarnya konsep CarPlay cukup sederhana. Dengan platform ini, Anda dapat menyatukan Apple iPhone dengan konektor Lightning seperti iPhone 5, 5c, dan 5s dengan sistem di mobil.

Selanjutnya, Anda akan dapat mengakses aplikasi Apple di layar dashboard mobil yang lebih besar. Bahkan CarPlay juga dapat memanfaatkan sistem kendali dari mobil, yang biasa hadir dalam bentuk kendali putar atau kenop.

Untuk permulaan, aplikasi ini masih terbatas pada telepon, musik, perpesanan, dan navigasi. Tampilan tiap aplikasinya ini akan menyerupai tampilan di aplikasi serupa di iPhone. Selain itu, Anda juga dapat mengakses beberapa aplikasi lain seperti Spotify, Beats Radio, iHeartRadio, dan Stitcher.

Mengingat CarPlay juga dapat memanfaatkan teknologi kendali suara andalan Apple, Siri, Anda tinggal hanya mengucapkan perintah suara untuk mengendalikannya. Dengan perintah tersebut, CarPlay akan dapat melakukan panggilan telepon, mengirim SMS, memutar musik, serta menampilkan panduan arah. Untuk mempermudah, akan tersedia tombol voice-control khusus di setir mobil dengan CarPlay.

Lalu apa keuntungan yang diraih bagi para produsen mobil? Selain implementasi lebih mudah dan masa pengujian lebih singkat, CarPlay juga menghadirkan penghematan mengingat kini tiap vendor tidak perlu mengeluarkan dana untuk mengembangkan sistem infotainment mobil sendiri.

Tentunya perlu diingat sekali lagi, CarPlay hanya dapat bekerja dengan iPhone. Jadi pemilik perangkat Android harus mencari solusi lainnya seperti Ford Sync dan sebagainya.

CarPlay akan memulai debutnya di ajang Geneva International Motor Show. Ferrari, Mercedes-Benz dam Volvo akan menjadi mobil-mobil pertama yang mendukung fitur tersebut. Di masa mendatang, Apple juga akan menyediakannya bagi produsen mobil lain seperti BMW, Ford, Honda, General Motors, Hyundai Motor Company, Jaguar Land Rover, Kia Motors, Mitsubishi Motors, Nissan Motor Company, PSA Peugeot Citroen, Subaru, Suzuki, dan Toyota Corp. Android Trends.