Sistem Operasi Android L Pada LG Nexus 5

Sistem Operasi Android L Pada LG Nexus 5

Pada saat pengumuman resminya di ajang Google I/O, OS Android L diklaim mampu meningkatkan daya tahan baterai smartphone. Dan kini, Ars Technica pun mencoba untuk membuktikan klaim sepihak Google tersebut dan mencobanya pada smartphone Android LG Nexus 5.

Dalam tes tersebut, mereka membandingkan dua smartphone LG Nexus 5 yang menggunakan OS Android KitKat 4.4.4 dengan LG Nexus 5 yang berjalan dengan OS Android L Developer Preview. Dalam tes ini, smartphone Nexus 5 dengan Android L mampu bertahan hingga dua jam lebih lama dibandingkan LG Nexus 5 yang menggunakan OS Android KitKat 4.4.4.

Smartphone LG Nexus 5 dengan OS Android L mampu bertahan hingga 471 menit. Sementara itu LG Nexus 5 Android KitKat hanya bisa bertahan selama 345 menit. Dari sini terdapat peningkatan daya tahan baterai sebesar 36 persen. Dalam tes ini, kedua handphone sengaja diatur secara otomatis untuk me-reload sebuah halaman web setiap 15 detik dengan menggunakan jaringan WiFi. Dalam tes ini, Ars Technica juga mematikan fitur batery saver yang biasanya akan otomatis menurunkan performa handphone pada saat baterai di bawah 15 persen.

Sebagai catatan, sistem operasi Android L yang dipakai dalam tes ini adalah versi developer. Artinya, Google masih akan terus melakukan pengembangan terhadap software terbarunya ini. Jadi, pada saat mereka telah secara resmi meluncurkan versi finalnya, maka kemungkinan besar akan ada peningkatan daya tahan baterai yang lebih tinggi lagi. Android Trends.