Teknologi Smart Glass

Teknologi Smart Glass

Para peneliti dari Jerman baru saja mengembangkan sebuah teknologi baru yang nantinya diharapkan bisa meningkatkan kualitas gambar dari kamera smartphone. Keberadaan teknologi bernama Smart Glass (yang dimaksud bukan kacamata pintar) tersebut digadang-gadang bisa membuat hasil jepretan smartphone menjadi setara kamera DSLR.

Keberadaan teknologi smart glass ini akan berfungsi sebagai sebuah aperture yang biasanya ada pada kamera DSLR. Fungsi aperture mempunyai kesamaan dengan iris yang ada pada mata. Aperture pada kamera berfungsi untuk mengatur seberapa banyak cahaya yang bisa masuk ke sensor. Selanjutnya, pengaturan intensitas cahaya yang masuk tersebut berimbas pada kualitas gambar yang dihasilkan.

Tobias Deutschmann, ahli fisika dari Technische Universitaet Kaiserslautern Jerman mengatakan kalau kamera smartphone saat ini tidak mempunyai komponen berupa aperture. Dan dengan adanya teknologi smart glass, para peneliti bisa memberikan fitur aperture pada kamera smartphone. Smartphone akan memperoleh banyak keuntungan, karena bisa memberikan perubahan pada kedalaman fokus dan bakal bisa mengerucutkan perbedaaan antara smartphone dengan kamera digital.

Deutshmann bersama rekan penelitinya kini tengah mengembangkan komponen yang mereka sebut sebagai micro iris. Komponen ini berukuran tipis dan terbuat dari bahan electrochromic atau yang bisa juga disebut dengan nama smart glass. Bahan tersebut nantinya bakal bisa melakukan perubahan transparansi sebagai respon terhadap cahaya atau panas. Android Trends.