Diesel Generator Untuk Bisnis

diesel generator

Diesel generator telah berkiprah sebagai penyedia energi listrik sejak lama. Berpuluh-puluh tahun yang lalu, sejak revolusi industri terjadi, kebutuhan akan listrik membuat peradaban manusia bergantung lebih pada generator listrik. Di satu sisi, keberadaan generator diesel sangat krusial sebagai penghasil energi listrik, namun di sisi lain kinerja generator mesin yang berbahan bakar fosil ini berdampak buruk pada lingkungan. Emisi karbon yang dikeluarkan sebagai sisa proses pembakaran saat menghasilkan energi listrik sangat berbahaya bagi alam. Emisi karbon dari mesin generator juga turut andil dalam mengakibatkan pemanasan global yang sedang terjadi saat ini.

Dianggap sebagai generator generasi lawas, diesel generator seringkali dipandang sebelah mata oleh rival-rival sesama generator. Bagaimana tidak, generator-generator generasi baru telah mengusung label ‘eco-friendly‘ sebagai jawaban atas kebutuhan untuk mengurangi polusi udara dan menjaga kelestarian alam. Teknologi-teknologi terbaru yang baru ditemukan membuat generator ramah lingkungan dianggap sebagai solusi atas dampak buruk mesin generator terhadap kelestarian lingkungan. Generator ‘eco-friendly‘ tersebut diharapkan untuk mampu menggantikan peran mesin generator di waktu-waktu mendatang.

Diesel generator untuk bisnis

Meski generator teknologi terbaru telah menjanjikan banyak hal sehubungan dengan pelestarian lingkungan dan ketiadaan polusi, namun mesin generator tetap mendapatkan tempat di hati para penggunanya. Hal ini tidak terlepas dari kehandalan generator listrik yang telah teruji sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Siapapun mengetahui bahwa saat ini mesin generator memiliki efisiensi bahan bakar terbaik dibandingkan dengan generator lainnya, terutama yang menggunakan sumber energi terbarukan seperti energi surya, energi air, serta angin. Dengan jumlah bahan bakar yang sama, energi yang dihasilkan diesel generator jauh lebih besar. Generator lain yang memiliki efisiensi biaya seperti generator berbahan bakar gas, juga tidak mampu menandingi efisiensi energi yang dimiliki oleh diesel generator. Selain efisiensi, perawatan diesel generator secara rutin akan membuat generator ini bisa bertahan hingga 10 tahun pemakaian.

Teknologi terbaru di bidang pembuatan generator diesel juga telah membawa perubahan yang positif. Diesel generator yang dahulu terkenal karena kebisingan suaranya kini telah hadir dengan teknologi peredam suara yang mampu meminimalisir kebisingan yang dihasilkannya. Selain itu, berbagai penelitian terus dikembangkan agar diesel generator bisa mengurangi polusi yang dikeluarkannya secara drastis. Dengan semua perkembangan terbaru tersebut, diesel generator tetap mampu bersaing dengan generator berbahan bakar lainnya, terutama yang menggunakan sumber energi baru terbarukan yang murah, namun sama sekali tidak efisien dengan teknologinya yang sekarang ini.