Peran Dari Perusahaan Industri Manufaktur Di Indonesia

Saat ini kegiatan ekonomi yang ada di dalam industri manufaktur semakin bergerak dengan lincah layaknya air yang keluar dari mulut kendi sehingga dampaknya sedikit banyak mampu untuk menopang perekonomian negara. Banyak perusahaan industri manufaktur seperti Unindo yang mendapat suntikan dana dari para investor yang ingin menanamkan modalnya di industry ini karena keuntungannya sangat menjajikan. Konsumen industry manufaktur tidak pernah sepi terutama industry manufaktur dalam bidang makanan dan minuman.
Berdasarkan data yang diperoleh dari BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) diketahui bahwa penanaman modal dalam sector makanan dan minuman semakin melonjak tinggi dan bahkan investasi dalam sector ini merupakan sepertiga dari keseluruhan jumlah investasi dalam industry manufaktur.

Banyak perusahaan industry makanan yang melakukan berbagai inovasi dan terobosan baru untuk menembus pasar internasional dan dalam pasar dalam negeri pun industry ini semakin berkembang dengan baik. Industri manufaktur dalam sector makanan dan minuman menjadi lahan basah bagi para investor asing maupun dalam negeri karena konsumennya tidak pernah surut, hal ini disebabkan karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan harian bagi setiap orang.

Dalam penanaman modal industry manufaktur, BKPM berfungsi sebagai advokasi para investor yang akan berinvestasi dalam industry ini. Badan ini juga bertanggung jawab untuk mengkoordinasi semua kegiatan penanaman modal dan mengatasi permasalahan yang muncul dalam kegiatan investasi.

BKPM melayani dua jenis pelayanan dalam kegiatan penanaman modal yang harus diketahui oleh para investor. Berikut adalah jenis pelayanan dari BKPM:

1. Layanan perizinan

Para investor membutuhkan perizinan untuk melakukan investasi di berbagai sector industry. BKPM memberikan layanan perizinan atau persetujuan dalam berbagai penanaman modal. Perizinan ini akan dikeluarkan oleh pemerintah yang berwenang sesuai dengan ketetapan undang-undang.

2. Layanan non perizinan

BKPM juga menyediakan layanan non perizinan seperti layanan informasi seputar investasi, fasilitas fiscal, dan layanan lain yang telah ditetapkan.

Semua layanan yang disediakan oleh BKPM bertujuan untuk membantu kegiatan penanaman modal dan memberikan perlindungan hokum akan semua kegiatan investasi yang telah mengantongi perizinan dari pemerintah yang berwenang. Jadi jika kamu tertarik untuk berinvestasi dalam industry manufaktur maka kenali terlebih dahulu BKPM sebagai advokasi para investor.