Mencabut Baterai Laptop Supaya Awet, Benar Atau Salah ?

Mencabu Baterai Laptop

 

Ada banyak cara memang yang bisa dilakukan untuk merawat baterai laptop agar awet dan tidak mudah mengalami masalah. Nah, cara-caranya kadang kala juga banyak yang dipahami penggunanya, kadang juga ternyata salah kaprah. Kemudian, bagaimana dengan cara mencabut baterai laptop ketika tidak digunakan ? Ini adalah salah satu cara yang tepat untuk merawat baterai laptop atau justru cara yang salah ? Pertanyaan menarik memang untuk dijawab. Inilah yang bakal dibahas dalam artikel ini.

 

Jenis baterai laptop yang kebanyakan beredar adalah Li-Ion alias Lithium-Ion. Cara kerja jenis baterai ini adalah mengalirkan ion dari Anoda ke Katode lewat elektrolit serta separator. Proses itu tentunya bakal bekerja saat pengguna laptop memakai beserta dengan baterainya dan pastinya membuat energi pun dihasilkan yang kemudian berakibat daya baterai berkurang secara bertahap. Saat pengguna laptop melakukan charging, energi-energi bakal menjadikan ion yang sebelumnya sudah berpindah dari Anoda menuju ke Katoda membuat berbalik menuju tempat awal. Inilah mengapa saat dicharge, baterai yang semula dayanya habis bisa terisi kembali dayanya. Nah, namun sayangnya semua proses itu bisa melemah dari waktu ke waktu. Ion bisa terperangkap pada Anoda yang mana kondisi demikian ini biasa kita sebutnya sebagai kondisi baterai bocor yang dapat dikarenakan faktor usia baterai. Baterai pada laptop pun pada dasarnya juga memiliki usia yang membuat kondisi baterai juga bisa menurun saat sudah berumur.

 

Lalu, jika ada pertanyaan mencabut baterai dari laptop dengan tujuan supaya baterai awet, ini adalah tindakan yang benar atau salah ? Jawabannya benar. Ini memang salah satu metode untuk merawat baterai laptop supaya tidak gampang bermasalah dan bisa awet. Akan tetapi perlu diperhatikan kapan waktu yang tepat untuk mencabut baterai dari laptop. Mencabut baterai dari laptop yang tepat dilakukan ketika laptop tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama. Jangan pernah membiasakan untuk melepas baterai dari laptop ketika digunakan dan kemudian menyambungkan laptop ke aliran listrik melalui charger. Kebiasaan menyambungkan laptop langsung ke listrik tanpa adanya baterai di laptop hanya akan membuat laptop cepat bermasalah dan bahkan memungkinkan terjadinya korsleting. Jadi, jika memang ingin melepas baterai laptop sebagai langkah bijak untuk merawatnya, lakukan saat memang laptop sedang mati dan sedang tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama.