Hambatan Infrastruktur Di Indonesia

Hambatan Infrastruktur Di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki perkembangan infrastruktur yang tergolong masih lambat terutama didaerah pelosok negeri yang sulit untuk dijangkau. Banyak sekali hambatan dalam pembangunan infrastruktur sehingga pembangunan tidak berjalan dengan lancar. Apa saja hambatan yang dihadapi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia? Berikut adalah beberapa hambatannya:

1. Tidak Adanya Keharmonisan Dalam Tarif Bea Masuk Peralatan

Untuk menjalankan pembangunan infrastruktur dibutuhkan peralatan berat yang dapat diperoleh dari import. Masalah yang sering menghambat hal ini adalah tidak adanya keharmonisan tarif bea masuk.

2. Tidak Ada Kepercayaan Dari Investor Asing

Ternyata banyak investor asing yang tidak memiliki kepercayaan untuk menanamkan modal di negara ini khususnya dibidang infrastruktur. Hal ini didasari oleh rendahnya dari segi quality, delivery, dan cost yang ada di Indonesia. Semua kegiataan penanaman modal dinegeri ini dikoordinasi oleh BKPM yang bertanggung jawab langsung kepada presiden melalui menteri atau pajabat yang setara. Namun ternyata minat investor dalam bidang infrastruktur tidak mengalami kenaikan yang signifikan.

3. Keterbatasan SDM

Tidak dipungkiri bahwa Indonesia masih kekurangan sumber daya manusia yang berkualitas sehingga pembangunan infrastruktur tidak dapat ditangani dengan baik dan terlalu lamban.

4. Tingginya Pajak

Tingginya besar pajak yang ditetapkan oleh pemerintah dapat menurunkan minat investor yang ingin menanamkan modalnya dalam bidang infrastruktur sehingga sumber modal sangat minim.

5. Tumpang Tindih Kebijakan

Di Indonesia masih terjadi kebijakan yang tumpang tindih sehingga dapat memperlambat proses pembangunan infrastruktur. Kebijakan yang tumpang tindih dalam birokrasi ini membuat para investor enggan untuk melirik infrastruktur di negeri ini.

6. Peralatan Yang Terbatas

Dalam pembangunan infrastruktur dibutuhkan berbagai peralatan dengan teknologi canggih dan terbaru. Namun sayangnya Indonesia hanya memiliki peralatan yang telah tua dan untuk menghadirkan peralatan terbaru yang lebih canggih harus mengimport dari luar negeri. Masalah lain yang muncul adalah tingginya tarif bea masuk yang ditentukan oleh negara ini sehingga dapat dipastikan pembangunan infrastruktur terhambat dan tidak berjalan dengan cepat.

Itulah beberapa hambatan yang dihadapi dalam proses pembangunan infrastruktur di negara ini sehingga tak heran jika Indonesia merupakan negara yang masih tertinggal dalam fasilitas infrastruktur.