Investor Inggris Diundang Oleh BKPM, Bangun Infrastruktur Di Indonesia

Investor Inggris Diundang Oleh BKPM, Bangun Infrastruktur Di Indonesia

Dalam sebuah forum yang bertajuk Infrastructure Investment Opportunity in Indonesia bulan september 2016 lalu, BKPM mengundang dan mengajak investor Inggris menanamkan modalnya di Indonesia. Sebagai lembaga yang mengurusi masalah investasi, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berkerjasama dengan KBRI London, UK – ASEAN Bussiness Council serta badan terkait lainnya berhasil mendatangkan 130 pengusaha kawakan Inggris.

Thomas Lembong selaku kepala BKPM bertindak sebagai pembicara utama forum tersebut dimana beliau menjelaskan potensi potensi yang berkaitan dengan pembangunan infrastruktur di Indonesia, sementara itu Dubes RI untuk Inggris dan Irlandia, Rizal Sukma bertindak sebagai pembuka forum yang sempat dihadiri oleh berbagai pengusaha berbagai bidang tersebut.

Lembong dalam pembicaraannya mengatakan bahwa forum yang mempertemukan Pemerintah Indonesia dengan Pengusaha kawasan Inggris itu sangat penting bagi kedua belah pihak. Mengingat saat ini Indonesia memang tengah gencar mengenjot pembangunan infrastruktur di tanah air.

Inggris menduduki peringkat ke-7 sebagai negara yang paling banyak menanamkan modalnya di Indonesia, sedangkan disisi lain Indonesia merupakan negara peringkat ke-14 menjadi daerah tujuan investasi Inggris di dunia dimana 1 persen total dana Investasi Inggris mengucur ke Indonesia.

Melalui forum yang bertempat di London tersebut, Pemerintah Indonesia melalui ketua BKPM, Thomas Lembong berupaya meningkatkan kapitalisasi Inggris di Indonesia. Perlu diketahui juga bahwa Indonesia mendapatkan porsi 23 persen dari total keseluruhan investasi Inggris untuk kawasan ASEAN sejak beberapa tahun terakhir berdasarkan data yang dirilis oleh Financial Times.

Dalam pertemuan tersebut, Lembong juga mengungkapkan beberapa perubahan kebijakan yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo selama masa Pemerintahan dimana membenahi berbagai berbagai kebijakan terkait perizinan di Indonesia dimana lebih memudahkan investor asing melakukan ekspansi bisnis di Indonesia.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Walikota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau yang mempromosikan potensi daerah kepada calon Investor dan dihadiri juga oleh ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas dimana beliau menyampaikan ada beberapa rencana Pemerintah membangun proyek infrastruktur utama yang bisa berdampak besar terhadap percepatan ekonomi daerah Indonesia.

Demikianlah ulasan singkat mengenai forum yang diadakan BKPM di London yang mengundang calon Investor menanamkan modalnya untuk sektor Infrastruktur di Indonesia. Semoga bermanfaat, terima kasih.