Fungsi Lidah Buaya Untuk Kesehatan Mulut Dan Bibir

Fungsi Lidah Buaya Untuk Kesehatan Mulut Dan Bibir

Lidah buaya telah lama dikenal sebagai salah satu tumbuhan dengan berbagai manfaat dan khasiat. Khasiat yang sudah secara luas dikenal adalah berkaitan dengan kesehatan rambut dan kulit kepala. Kandungan lidah buaya disebut menjadi salah satu sumber tumbuh suburnya rambut dan alis mata. Selain itu, ada berbagai vitamin dan nutrisi yang membuatnya semakin diminati. Sebut saja vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, dan vitamin E. Vitamin-vitamin tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh, contohnya vitamin A yang dapat membantu menyehatkan mata. Atau vitamin E yang dapat mencegah pembekuan darah. Sedangkan vitamin C sendiri nampak lebih istimewa karena dapat mengatasi setidaknya 5 masalah mulut dan bibir. Vitamin C memang vitamin yang sering dan dikaitkan dengan kesehatan area mulut. Kabar bagusnya, fungsi lidah buaya juga dapat masuk ke mulut lho. Berikut ini beberapa fungsi lidah buaya untuk kesehatan mulut dan bibir.

Lidah buaya mengandung zat antiinflamasi. Zat ini dapat menstimulasi fungsi kekebalan tubuh untuk me-recovery bagian tubuh lainnya yang mengalami luka. Salah satunya adalah luka ringan pada bagian bibir dalam yang biasa juga disebut dengan istilah sariawan. Kekurangan vitamin C dikenal sebagai salah satu sebab utama munculnya sariawan. Selain sariawan, zat antiinflamasi juga dapat mengatasi radang pada beberapa bagian di sekitar mulut. Sebut saja pada tenggorokan, pipi bagian dalam, gusi, lidah atau langit-langit mulut. Selain karena kurangnya asupan viamin C, radang ini biasa disebabkan oleh cuaca dan kondisi tubuh yang kurang fit. Saat radang menyerang, suhu pada bagian tersebut cenderung akan naik sehingga menimbulkan perasaan yang kurang nyaman. Untungnya, salah satu fungsi lidah buaya adalah mendinginkan dan bersifat antiseptik sekaligus antibiotik. Dua sifat tersebut juga berperan dalam mengurangi bakteri pada tenggorokan saat batuk.

Karena menjadi musuh dari bakteri, sifat-sifat tersebut juga dapat membantu Anda untuk memiliki gusi dan gigi yang sehat. Termasuk didalamnya mencegah gigi berlubang. Berminat mencobanya? Anda bisa beralih dari pasta gigi biasa ke pasta gigi berbahan dasar lidah buaya. Anda tak perlu khawatir bila gigi dan gusi Anda sensitif karena pasta gigi tersebut aman untuk yang sensitif. Dengan menggunakannya, Anda juga akan mendapatkan bonus. Bonus itu adalah terbebas dari bau mulut. Bahkan saat ini sudah ada mouthwash atau pencuci mulut khusus berbahan dasar lidah buaya. Untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik, Anda juga bisa menggunakannya. Secara tidak langsung, fungsi lidah buaya juga bisa menjadi pencuci mulut. Pencuci mulut ini penting terlebih saat Anda sedang sakit yang berdampak pada keringnya mulut Anda.

Nah yang terakhir, berbicara tentang kesehatan bibir dan mulut, fungsi lidah buaya juga dapat digunakan untuk keperluan melembabkan. Seringkali bibir dan mulut yang kering membuat ketidaknyamanan. Lidah buaya dapat membantu Anda dengan kemampuannya mendorong produksi kolagen dan sel kulit baru. Kemampuan ini jugalah yang menjadikan lidah buaya sebagai alternatif untuk penyembuhan radang dan luka bakar pada bagian kulit yang lain. Anda bisa iris dan peras lidah buaya segar kemudian oleskan pada bibir tiga kali sehari atau sesuai dengan kebutuhan. Namun bila Anda tidak mau repot, Anda bisa mencari lip balm atau pelembab bibir berbahan lidah buaya di supermarket. Menarik sekali bukan? Satu jenis tumbuhan memiliki berbagai manfaat, dan itu baru di satu bagian. Kini Anda memiliki pilihan untuk menjaga kesehatan mulut dan bibir tanpa perlu mengeluarkan lebih banyak uang.