Masalah Utama Sektor Pertanian Menurut BKPM

Dari tahun ke tahun tingkat konsumsi masyarakat akan bahan pokok pangan semakin meningkat, hal ini disebabkan oleh meningkatnya jumlah penduduk setiap tahunnya. Meningkatnya kebutuhan akan bahan pokok dapat diatasi dengan baik jika produksi hasil pertanian semakin ditingkatkan. Pemerintah telah menggalakkan beberapa upaya untuk meningkatkan hasil produksi pertanian untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat. Namun dalam usaha ini selalu mengalami hambatan dalam pemodalan. Untuk meningkatkan hasil produksi pertanian dibutuhkan modal yang tidak sedikit dalam pembibitan, pemupukan, irigasi, dan lainnya. Semua masalah pemodalan ini dapat diatasi dengan adanya BKPM Online.

BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) merupakan badan pemerintah yang bertugas untuk mengkoordinasi semua kegiatan penanaman modal oleh investor lokal maupun asing sehingga kegiatan investasi lebih aman dan terjamin. Selain sebagai koordinasi semua kegiatan investasi, BKPM juga mendorong kemajuan SDM bidang pertanian dengan melakukan penyuluhan secara berkala sehingga diharapkan dapat mencetak petani berkualitas yang mampu mengolah lahan pertanian dengan baik sehingga hasil produksi pertanian semakin melimpah.

Hingga saat ini pemerintah masih banyak melakukan import beberapa bahan pokok pangan dari luar negeri karena harganya jauh lebih murah dan berkualitas dibandingkan dengan produk dalam negeri. Hal ini yang menyebabkan masalah pada sektor pertanian menurut BKPM dan pertanian dalam negeri mengalami keterpurukan. Harga bibit, pupuk, dan biaya tenaga kerja yang melambung tinggi menjadikan hasil produksi pertanian dalam negeri dijual dengan harga tinggi. Jika pemerintah terus melakukan import maka petani akan mengalami kerugian yang sangat besar karena hasil panen mereka tidak mampu bersaing dalam segi harga. Inilah masalah yang harus dipecahkan oleh pemerintah dengan cepat agar perekonomian petani semakin sejahtera tanpa memberatkan masyarakat umum dengan harga bahan pokok pangan yang tinggi.

Masalah ini memang cukup sulit untuk dipecahkan sehingga tak heran jika banyak petani yang mulai beralih ke profesi lain dan kegiatan pertanian yang mereka lakukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok pangan harian saja. Jadi tak heran jika produksi pertanian di negara ini semakin menurun dan lahan pertanian juga semakin berkurang menjadi pemukinan masyarakat.